Senin, 27 Maret 2017

Investment Yield Perusahaan-perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia

Investment Yield adalah rasio yang berkaitan erat dengan tingkat pengembalian (hasil) dari investasi yang dilakukan perusahaan. Investment Yield rasio menunjukkan efisiensi investasi perusahaan dengan melihat jumlah hasil investasi. Semakin besar rasio, berarti semakin efisien penggunaan aset untuk investasi perusahaan.

Pada tahun 2015, rasio Investment Yield perusahaan-perusahaan asuransi jiwa di Indonesia secara keseluruhan adalah -0,14%. Angka rasio ini diperoleh setelah membandingkan jumlah hasil investasiyang diperoleh industri asuransi jiwa pada tahun 2015 yang minus Rp. 444,5 miliar terhadap total investasi yang ditanamkan seluruh perusahaan asuransi jiwa ditahun yang sama yang hampir mencapai Rp. 315,3 triliun.

Rasio Investmen Yield tertinggi diperoleh PT. Asuransi Jiwa Indosurya Sukses dengan rasio sebesar 30,06%. PT  Asuransi Jiwa InHealth Indonesia menyusul di posisi kedua dengan rasio sekitar 19%. Posisi ketiga dan keempat ditempati PT. Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dan PT. AXA Life Indonesia dengan rasio masing-masing sebesar 11,1% dan 10,29%. Hanya empat perusahaan ini (dari 47 perusahaan asuransi jiwa yang datanya kami dapatkan) yang memiliki rasio investment yield di atas 10%.

Di sisi lain, rasio investment yield terendah di tahun 2015 ditempati oleh PT. Prudential Life Assurance, PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG dan PT. AXA Mandiri Financial Services dengan rasio masing-masing sebesar -10,36%, -9,37% dan -8,83%. Lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut,

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar