Sabtu, 25 Maret 2017

ROA Perusahaan-perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia

Secara keseluruhan rata-rata angka rasio ROA asuransi jiwa relatif masih rendah, meskipun cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan asuransi jiwa di Indonesia masih belum efisien, yang antara lain disebabkan oleh penggunaan aset perusahaan yang belum maksimal. 

Pada tahun 2015, rata-rata ROA dari 47 perusahaan asuransi yang datanya berhasil kami peroleh adalah sekitar 3,53%. Angka ROA tersebut diperoleh dari perbandingan antara total laba yang dihasilkan industriasuransi jiwa secara keseluruhan di tahun 2015 sebesar Rp. 13 triliun dengan jumlah aset industri asuransi jiwa di tahun yang sama sebesar Rp. 368,9 triliun.

Dari seluruh perusahaan asuransi jiwa di Indonesia (yang datanya diperoleh Infordev), PT. Asuransi Jiwa Mega Indonesia memiliki angka ROA tertinggi yaitu mendekati angka 16%.  Di posisi kedua ditempati oleh PT. Prudential Life Assurance yang memiliki angka ROA sekitar 9,73%. Lebih tentang angka ROA masing-masing perusahaan asuransi jiwa dalam periode tahun 2011 - 2015 dapat dilihat pada tabel berikut,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar